Pusat Unggulan IPTEK Perguruan Tinggi Centre for Islamic and Occidental Studies (PUI-PT CIOS) Universitas Darussalam Gontor telah berkontribusi dalam penelitian-penelitian di bidang akidah dan pemikiran Islam. Dalam rangka mendukung hal tersebut, penelitian yang melibatkan mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 sangat dibutuhkan. Hasilnya akan dipublikasikan hingga bermanfaat bagi mahasiswa, peneliti PUI-PT CIOS, dan lembaga PUI-PT CIOS. Berikut ini adalah daftar nama mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 yang terlibat dalam berbagai penelitian.
NO | NAMA | JENJANG | TOPIK PENELITIAN | PERIODE RISET (JAM) |
---|---|---|---|---|
1 | Amir Sahidin | S-1 | Al-Qur'an dan Pengembangan Sains | 117 |
2 | Adib Fattah Suntoro | S-1 | K.H. Hasyim Asy'ari: Sainthood Sufism | 117 |
3 | Bayu Sunarya | S-1 | Ilmu dan Kebenaran: Refleksi Historis | 117 |
4 | Ammar Tsaqib | S-1 | Antara Civil Society dan Masyarakat Madani | 117 |
5 | Sofian Hidayat | S-1 | Konsep Insan Kamil Abdurrouf As-Sinkily | 117 |
6 | Achmad Jalaludin | S-1 | Khat Arab sebagai Syiar Bahasa Al-Quran | 117 |
7 | Sandhiko Yudho Anggoro | S-1 | Human Necessity: Islamic Economic and Capitalism | 117 |
8 | Siti Dailah | S-1 | Kritik atas Gender Equality dalam Comprehensive Sexuality Education | 117 |
9 | Fery Lusiana | S-1 | Melacak Asal-usul Patriarki; Penyebab Kekerasan terhadap Perempuan | 117 |
10 | Syahrinal | S-1 | Nikah Beda Agama dalam Tinjauan Maqashid Syariah | 117 |
11 | Amir Hidayatullah | S-1 | Psikologi Behaviorisme Menurut Perspektif Worldview Islam | 117 |
12 | Amir Reza Kusuma | S-1 | Hubungan Agama dan Negara Menurut Jamal Al-Banna | 117 |
13 | Husna Hisaba Kholid | S-1 | Diskursus Kepakaran di Era Kontemporer: Ragam Problematika dan Implikasinya | 117 |
14 | Maulidin Baharsyah | S-1 | Konsep Atom Menurut al-Baqilani | 117 |
15 | Rahmat Hidayat | S-1 | Post-Truth: Fenomena Bias Kebenaran | 117 |
16 | Muqit Nur Rohman | S-1 | Akulturasi Budaya Islam dan Jawa Sunan Kalijaga (dalam pandangan Syaikh Syauqi Dhaif) | 117 |
17 | Ridwan Sadili | S-1 | Telaah Moderasi Beragama dalam Rancangan Pendidikan Islam | 117 |
18 | Harisman H | S-1 | Hermeneutika sebagai Produk Pandangan Hidup | 117 |
19 | Haris Al-Muhasibi | S-1 | Kodifikasi Hadis dalam Perspektif Sunni dan Syiah | 117 |
20 | Yusuf Alaidi | S-1 | Tragedi sebagai Salah Satu Watak Kebudayaan Barat | 117 |
21 | Iga Kholifah Pertiwi | S-1 | Krisis Keteladanan dan Moralitas dalam Pendidikan Menengah | 117 |
22 | Nafiatus Saputri | S-1 | Relasi Manusia dan Alam dalam Perspektif Islam | 117 |
23 | Kholifaturosyidah | S-1 | Pengaruh Toxic Parenting dalam Perkembangan Psikilogi Anak | 117 |
24 | Adzkiya Fityatul Mujahidah | S-1 | Kritik atas Penerapan Hermeneutika Resiprokal dalam Kajian Hadits: Studi Kasus Kepemimpinan Perempuan dalam Negara | 117 |
25 | Alfrisa Renuat | S-1 | Moralitas Feminis: Asal-Usul dan Implikasinya pada Sosial Masyarakat | 117 |
26 | Nadaa Afifah Silmi | S-1 | Body Authority dan Problem Makna Kebebasan | 117 |
27 | Maulana Farizi | S-1 | Pandemic Covid-19 dan Fenomena Learning Loss di Indonesia | 117 |
28 | Salman Al-Farisiy | S-1 | Pandangan atas Mitos Kecantikan: Antara Naomi Wolf dan Al-Maududi | 117 |
29 | Ugi Agus Setiadi | S-1 | Kaum Quranis: Sejarah, Argumen, dan Perkembangan | 117 |
30 | Khotimi Zamzami | S-1 | Telaah Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg | 117 |
31 | Hijriy Fatha | S-1 | Metode Interpretasi Hadits Menurut Yusuf Qaradhawi | 117 |
32 | Adryan Risady | S-1 | Etika Protestan dan Spirit Kapitalisme Max Weber: Tinjauan Kritis | 117 |
33 | Muhamad Riduan | S-1 | Islamophobia dari sisi Radikalisme | 117 |
34 | Beni Akbar | S-1 | Tinjauan Atas Pemikiran Toelogi Antroposentrisme Hasan Hanafi | 117 |
35 | Dahlan | S-1 | Transhumanisme sebagai Wacana Agama Baru | 117 |
36 | Ahmad Zulhaq | S-1 | Rasisme Epistemik: Akar dari Islamophobia | 117 |
37 | Azmatun Arifah | S-1 | Fenomena Konsumerisme Masyarakat Kontemporer Ditinjau Melalui Pemikiran Jean Francois Lyotard dan Ismail Raji Al-Faruqi | 117 |
38 | Salamiyah | S-1 | Paradoks Kemajuan Sains dan Teknologi Modern | 117 |
39 | Arsya Amarlaily Arbiyanty | S-1 | Selubung Neoliberalisme dalam Isu Islamophobia | 117 |
40 | Elia Monika | S-1 | Makna Kebebasan dalam Perspektif Syed Muhammad Naquib Al-Attas | 117 |
41 | Rita Ayu Nuraini | S-1 | Kritik Terhadap Hubungan Moralitas dan Agama Sam Harris | 117 |
42 | Silmy Muthiah Mawardah | S-1 | Terapi Mindfulness: Telaah Kritis | 117 |
43 | Jannatul Firdausi Rahma | S-1 | FWB (Friends with Benefit) dan Dilema Moral Sexual Consent | 117 |
44 | Tasya Putri Nurhayati | S-1 | Kritik Metodologi Hermeneutika Resiprokal dalam Buku Qira'ah Mubadalah (Tinjauan Kritis Kasus Iddah) | 117 |
45 | Muqit Nur Rohman | S-1 | Studi Komparatif Asuransi Konvensional dan Asuransi Syari'ah | 117 |
46 | Syahrinal | S-1 | Problem Keluarga di Barat dan Dampaknya di Dunia Islam | 117 |
47 | Husna Hisaba Kholid | S-1 | Kritik Muhammad Utsman Najati terhadap Psikologi Modern | 117 |
48 | Amir Hidayatullah | S-1 | Problem Teologis Psikologi Alfred Adler (Studi Analitis Kritis Perspektif Worldview Islam) | 117 |
49 | Sofian Hidayat | S-1 | Pernikahan dalam Tinjauan Feminisme | 117 |
50 | Ammar Tsaqib | S-1 | Relasi Agama, Masyarakat dan Peradaban Perspektif Malek Bennabi | 117 |
51 | Chandra Dwi Setyo | S-1 | Integrasi Islam dan Sains Menurut Badiuzzaman Said Nursi | 117 |
52 | Amir Sahidin | S-1 | Zuhud dan Gerakan Ishlah Syekh Abdul Qadir Jaelani | 117 |
53 | Adib Fattah Suntoro | S-1 | Konsep Kalimat Sawa' dalam Hubungan Antaragama: Analisis Komparatif Pandangan Hamka dan Nurcholish Madjid | 117 |
54 | Bayu Sunarya | S-1 | Makna dan Kebenaran dalam Hermeneutika dan Tafsir | 117 |
55 | Nurul Arifah Hilda | S-2 | Problem Kajian Interstektualitas Michael Cuypers dalam Tafsir Al-Qur'an | 234 |
56 | Naufal Fairuzillah | S-2 | Problem Pendidikan Androgini dan Problem Gender | 234 |
57 | Farah Laa Ghibah Mindas | S-2 | Childfree dan Problem Konsep Motherhood | 234 |
58 | Amir Reza Kusuma | S-2 | Hubungan Agama dan negara menurut Jamal Al-Banna | 234 |
59 | Saepul Rochman | S-2 | Sekularisasi Filsafat Hukum di Barat dan Dampaknya di Dunia Islam | 234 |
60 | Hasbi Arijal | S-2 | Klasifikasi Ilmu dalam Pandangan S.M.N Al-Attas | 234 |
61 | Qosim Nurseha Dzulhadi | S-2 | Kristologi SMN Al-Attas | 234 |
62 | Imam Zarkachi | S-2 | The Division of ASEAN: South China Sea Leverage | 234 |
63 | Yusrina Dyah Wulandari | S-2 | Filsafat Akhlak dalam Al-Qur'an | 234 |
64 | Khairul Munzilin | S-2 | Transformasi Pendidikan Gontor (Lokal-Internasional | 234 |
65 | Ahmad Zakky Mubarok | S-2 | Saudi Vision 2023: Membaca Reformasi Muhammad bin Salman di Arab Saudi | 234 |
66 | Moh. Isom Mudin | S-3 | Tarsîkh al-Îmân li Muwâjahat al-Taḥaddiyât al-Mu‘âshirah ‘inda al-Imâm Sa‘îd al-Nûrsî | 351 |
67 | Achmad Reza Hutama Al Faruqi | S-3 | The Role of The Center for Islamic and Occidental Studies (Cios) in Facing the Challenges of Western Thoughts in Indonesia | 351 |
68 | Nabila Huringiin | S-3 | Islamic Political Studies in the View of Bediuzzaman Said Nursi as the Principle of Social Harmony in Community Life | 351 |
Pusat Unggulan IPTEK Perguruan Tinggi Centre for Islamic and Occidental Studies Universitas Darussalam Gontor (PUI-PT CIOS UNIDA Gontor)