Daras RUKM: Barat Selalu Melihat Islam sebagai Rival Utama

SIMAN–Daras Risalah untuk Kaum Muslimin (RUKM) sudah memasuki pekan kelima di tahun ajaran ini. Acara yang dibimbing oleh Ustaz Ahmad Rizqi Fadhilah, M.Ag. ini diikuti seluruh anggota Junior Researcher (JR), para peneliti muda dari kalangan mahasiswa UNIDA Gontor.

Kegiatan ini mengkaji salah satu karya fenomenal Syed M. Naquib al-Attas, Risalah untuk Kaum Muslimin. Rabu (3/7) kemarin, kajian terfokus pada dampak revolusioner kemunculan Islam terhadap Kristen dan Barat.

Al-Attas menyampaikan bahwa Islam sebagai agama universal dan fitrah bagi manusia berhasil mengguncang dasar-dasar akidah Kristen. Islam hadir dengan ajaran-ajaran yang menyempurnakan agama-agama sebelumnya.

Dengan menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang menolak kebenaran ajaran Kristen, sebagaimana termaktub dalam Surah al-Ikhlas, al-Attas menegaskan bahwa Islam menawarkan pandangan teologis yang sangat berbeda dan menantang konsep ketuhanan dalam Kristen.

Selain itu, penyebaran cepat Islam ke berbagai wilayah di dunia, dari tanah Arab hingga Kepulauan Melayu-Indonesia, menunjukkan kekuatan dan pengaruh besar yang dimiliki Islam dalam waktu yang relatif singkat.

Selanjutnya, al-Attas menyoroti peran besar umat Islam dalam membawa ilmu pengetahuan dan filsafat ke Eropa, yang berkontribusi pada berakhirnya masa kegelapan di Barat.

Menurut al-Attas, pengaruh pemikiran ulama, filsuf, dan ahli tasawuf Islam terhadap teologi Kristen Barat sangat signifikan, memicu reinterpretasi akidah oleh pemimpin-pemimpin Kristen.

Namun, al-Attas juga memperingatkan bahwa Barat selalu melihat Islam sebagai rival utama dalam upaya mencapai dominasi duniawi, dan kesejahteraan Barat hanya dapat terjamin jika Islam dapat dilenyapkan.

Dalam konteks ini, al-Attas menyeru umat Islam untuk menyadari posisi mereka di dunia modern dan tidak bergantung pada bantuan pihak luar, melainkan memahami dan menjalankan peran mereka dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. jafar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *